Minggu, 27 Januari 2013

Cara Diet Yang Salah dan Tips Diet yang Benar



6 MITOS SALAH DALAM DIET





Tampil cantik dan berbadan seksi adalah dambaan bagi setiap cewek (pstinya donk) .Banyak cewek yang rela melakukan  apapun untuk mendapatkannya. Mulailah mereka berbondong-bondong untuk melakukan diet ketat, tapi kalian tau nggak sih kalau ada mitos soal diet yang sama sekali nggak bener? Penasaran ..???? ok cekidot.

Mitos  1
Karbohidrat itu bikin gemuk??? Apa iya?

Fakta : sumber karbohidrat seperti nasi, roti, pasta ,sereal , atau kentang hanya mengandung sedikit kalori dan lemak. Karbohidrat merupakan sumber energi terbaik buat tubuh. Jenis makanan ini bikin gemuk, kalu dimakan dalam porsi besar atau dikonsumsi bersamaan dengan topping seperti mentega, krim atau mayonnaise, nah lo.

Tips : Sebagai patokan, porsi yang dianjurkan dalam Dietary Guidelines for Americans untuk karbohidrat adalah 6-11 servings/ hari, tergantung usia dan jenis kelamin. Lalu berapa banyak patokan untuk satu serving atau penyajian? Satu serving karbohidrat adalah 1 potong roti, 1 ons sereal, atau  cup pasta atau nasi


Mitos 2
Selalu mengkonsumsi produk yang berlabel non fat atau low fat.

Fakta : Terkadang kita sering terjebak dengan label non fat atau low fat yang sebagian orang mengartikannya sebagai rendah kalori. Yang harus dicermati dari produk-produk tersebut adalah Nutrition Fact Label, karena bisa jadi produk tersebut rendah lemak, namun mengandung banyak gula. Atau serving size (ukuran penyajian) yang digunakan untuk mengklaim produk tersebut non fat atau low fat ternyata lebih kecil dari ukuran penyajian yang umum digunakan.

Tips : So, usahakan selalu mengecek dahulu setiap barang yang kita beli terutama yang berlabel non fat atau low fat



Mitos 3
Ada jenis makanan yang dapat membakar kalori.

Fakta : Sama sekali tidak ada jenis makanan yang dapat membakar kalori. Yang dapat membakar kalori adalah tubuh kita sendiri yang melakukan aktivitas. Beberapa zat sseperti kafein memang bisa mempercepat metabolisme tubuh (pembakaran kalori), namun bukan zat itu sendiri yang membakar kalori. Beberapa makanan lain juga dapat menstimulasikan enzim-enzim tertentuyang dibutuhkan dalam metabolisme, bukan membakar kalori itu sendiri.

Tips : Bila ingin membakar kalori lakukanlah banyak aktivitas setiap hari. Misalnya saja olahraga, dijamin kalori tubuh pismania akan terbakar.
                                                                                                                                                                              


Mitos 4
Dilarang makan fast food.

Fakta : Menjalani pola makan yang sehat bukan berarti kita harus menderita, dan tidak boleh makan sama sekali jenis fast food. Pola makan sehat itu dibuat agar kita tidak menderita.Fast food tetap boleh dikonsumsi, tetapi tentu saja dengan frekuensi dan jumlah yang kecil.

Tips : Sesekali kita boleh mengkonsumsi fast food. Asal jangan kebanyakan. Bisa saja kita makan dengan cara berbagi satu porsi dengan orang lain.


Mitos 5
Jangan makan diatas jam 8 malam.

Fakta : Beberapa orang berpendapat kalau makan diatas jam 8 malam bisa  bikin  gemuk. Padahal bukan jam-jam nya yang salah, tetapi keseimbangan antara apa yang dimakan dengan aktivitas yang dilakukanlah yang bikin kita gemuk. Yang mungkin mendasari larangan tersebut adalah kecenderungan orang untuk makan cemilan(yang seringkali tinggi kalori) sambil nonton televisi pada malam hari sehingga jumlah yang dikonsumsi tidak terkontrol.

Tips : Bila ingin makan diatas jam 8 malam, usahakan yang mengenyangkan dan tidak mengandung kalori yang tinggi sebab apabila yang kita makan tidak mengenyangkan, perut kita akan menagih makan lagi sehingga asupan makanan  yang kita makan akan lebih banyak, dan ini yang bakal bikin pismania gemuk.


Mitos 6
Vegetarian lebih sehat.

Fakta : Memilih hidup sebagai vegetarian tentunya memiliki nilai plus dan minusnya. Selama menjadi vegetarian atau non vegetarian, ia tahu akan kebutuhan nutrisinya dari sumber-sumber alternatif, maka keseimbangan nutrisi mereka akan terjaga. Namun jika ada zat yang berlebih yang dikonsumsi, keduanya tentu akan mengalami kenaikan berat badan atau masalah kesehatan.

Tips : Apapun pilihan hidupmu asal semuanya kamu lakukan sesuai porsinya, maka semua akan aman-aman saja.

1 komentar: