Kamis, 02 Mei 2013

Cerita Motivasi (Jangan bersedih)


Jadikan Buah Lemon itu Minuman yang Manis
            

    Orang cerdik akan berusaha merubah kerugian menjadi keuntungan. Sedangkan orang bodoh akan membuat suatu musibah menjadi bertumpuk dan berlipat ganda.”
          

            Ketika Rasulluallah SAW diusir dari Mekkah, beliau memutuskan untuk menetap di Madinah dan kemudian berhasil membangun nya menjadi sebuah Negara yang sangat akrab di telinga dan mata sejarah.
            Ahmad ibn Hanbal pernah dipenjara dan dihukum dera, tetapi karenanya pula, ia kemudian menjadi imam di salahsatu madzhab.  Ibnu Tami’iyah pernah dipenjara, tetapi karena dipenjara itulah dia banyak melahirkan karya. As-sarakhsi pernah dikurung di dasar sumur selama bertahun-tahun tetapi di tempt itulah ia berhasil mengarang buku sebanyak 20 jilid. Ketika Ibnul Atsir dipecat dari jabatannya, ia berhasil menyelesaikan karya besarnya yang berjudul  Jami’ul Ushul dan an-Nihayah salah satu buku terkenal dalam hadits. Demikian hal nya dengan Ibnul-Jawzy, ia pernah diasingkan dari Baghdad, dan karena itu ia berhasil menguasi qira’ah sab’ah. Malik Ibnu ar-Raib adalah penderita suatu penyakit yang mematikan, namun ia mampu memlahrkan syair-syair yang sangat indah dan tak kalah dengan karya-karya para pennyair besar zaman Abbasiyah. Lalau ketika semua anak Abi  Dzuaib al-Hudzali mati meninggalkannya seorang diri, ia justru mampu menciptakan nyanyian-nyanyian puitis yang mampu membekam mulut zaman , membuat setiap pendengarnya tersihir , memaksa sejarah untuk selalu bertepuk tangan ketika mendengarkannya kembali.
            Begitulah, ketika tertimpa suatu musibah, anda harus melihat sisi yang paling  terang dari nya. Ketika sesorang memberi anda segelas  air lemon, anda perlu menambah sesendok gula ke dalam nya. Ketika mendapat  hadiah ular dari sesorang, ambil saja kulitnya yang mahal dan tinggalkan bagian tubuhnya yang lain. ketika disengat kalajengking, ketahuilah bahwa sengatan itu sebenarnya memberikan kekebalan pada tubuh anda dari bahaya bisa ular.
            Kendalikan diri anda dari berbagai kesulitan yang anda hadapi! Dengan begit,  anda akan dapat mempersembahkan bunga mawar dan melati kepada kami.  Dan,
(Boleh saja kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu.)
(Q.S. Al-Baqarah :216)
            Sebelum terjadi revolusi besar di Peranncis, konon Negara itu pernah memenjara dua sastrawan terkenalnya. Salah seoarang dari keduanya sangat optimis dan yang seorang lagi pesimis bahwa revolusi dan perubahan akan segera terjadi. Setiap hari keduanya sama-sama melongokkan kepala di sela-sela jeruji penjara. Hanya saja sang sastrawan yang optimistis selalu memandang ke atas da melihat bintang-bintang yang gemerlap di langit, dank arena itu ia selau tersenyum cerah. Adapun sastrawan yang pesimistis, ia selalu melihat ke arah bawah dan hanya melihat tanah hitam di depan penjara, dan kemudian menangis sedih.
            Begitulah, sebaiknya anda selalu melihat sisi lain dari kesedihan itu. Sebab belum tenntu semuanya menyedihkan, pasti ada kebaikan, secercah harapan, jalan keluar serta  pahala.

(La Tahzan : 19-21 )

1 komentar: